0
Cara Mengatasi Anak Keras Kepala

Cara Mengatasi Anak Keras Kepala Dan Susah Diatur

Cara Mengatasi Anak Keras Kepala – Ada masa ketika anak-anak menjadi suka melawan dan keras kepala. Ini adalah fase yang sangat alami pada masa pertumbuhan kejiwaan anak, fase dimana anak-anak mulai menyadari bahwa dirinya adalah pribadi yang independen dari orang-orang dewasa terutama orangtuanya. dalam perkembangannya sikap seperti ini apabila tidak di kontrol degan baik akan menumbuhkan ego, perlawanan, dan membuat anak susah dikendalikan. Cara Mengatasi Anak Keras Kepala tidaklah mudah diperlukan pendekatan intensif dan pemahaman sifat an karakter anak serta paham faktor yang mempengaruhinya.

Sebab-sebab anak keras kepala dan susah diatur:

  1. Meniru perbuatan orangtuanya yang -maaf- juga keras kepala, atau anak sering menyaksikan orangtuanya bertengkar.
  2. Orangtua terlalu memanjakan, selalu memberikan apa yang diinginkannya. Ketika suatu saat keinginan tersebut tidak dipenuhi, tentu anak akan memprotes dan melawan.
  3. Tidak adanya ikatan kasih sayang /kedekatan antara orangtua dan anak.
  4. Orangtua terlalu mendikte dan memaksakan kehendak kepada anak kita.
  5. Anak-anak terlalu sering dilarang, tanpa memberi pengertian yang dapat membuatnya faham dan mengerti.

Beberapa orang tua mengeluh tentang sifat anaknya yang keras kepala. Mereka bingung bagaimana cara menasehati mereka. Bila dilarang untuk melakukan sesuatu mereka akan mengamuk, atau bahkan melawan. Cara Mengatasi Anak Keras kepala membutuhkan energi yang baik dan strategi serta solusi yang jitu. Sehingga masalah anak teratasi, tanpa membuat para orang tua pusing dan stres karenanya. Semoga Cara – cara berikut bisa membantu Anda.

Mau Tahu Cara Mengatasi Anak Keras Kepala dan Susah Diatur?

1. Berkaca pada diri sendiri

Kadang kita tidak menyadari bila anak kita memiliki hati yang keras, salah satu sebabnya adalah diri kita sendiri. Bila kita memiliki hati yang keras, sukar dinasehati, tentu saja secara tidak langsung itu juga akan menular pada anak kita. Bila setiap hari anak kita melihat hal itu, tentu lama-kelamaan anak kita akan menirunya. Bila kita saat ini terlalu sombong, marilah kita merendahkan hati kita. Bila kita kurang mau mendengarkan orang lain maka saat ini mulailah kita belajar mendengarkan.  Supaya kita juga akan semakin mengerti segala kebutuhan anak kita dengan mau dan menyediakan waktu untuk anak kita.

Baca Juga :  Bioenergi Mengatasi Masalah Anak dan Meningkatkan Kecerdasan

2. Hendaklah lebih fleksibel, lebih memberikan kasih sayang dan pengertian kepada anak keras kepala dan susah diatur.

Kebutuhn seorang anak sebenarnya tidak banyak. Mereka menginginkan perhatian dan kasih sayang kita sebagai orang tua. Kasih sayang dan perhatian yang cukup akan meminimalisir kebutuhan anak-anak pada “materi”. Jika anak mulai minta ini,itu, mudah merengek dn cepat bosan terhadap apa yang dia beli, itu sebenarnya sebagai ungkapan atau pengaruh dari adanya bagian hati mereka yang kosong. Dan sebenarnya bagian hati yang kosong tersebut hanya bisa diisi dengan kasih sayang dan kehangatan yang ada di dalam sebuah keluarga.

3. Salurkan Hobinya

Setiap anak tentu memiliki minat dan bakat yang berbeda. Sebagai orang tua kita harus cermat mengerti hal ini. Misalnya jika anak kita suka mencoret-coret diatas kertas, mulailah mencoba memasukkannya ke sanggar-sanggar melukis. Anak-anak yang normal, biasanya memiliki “kelebihan tenaga”. Itulah kenapa kita sering melihat anak-anak susah untuk diam. Dia akan selalu bergerak dan mencari keasyikan yang bisa dia lakukan. Jadi arahkanlah “sisa tenaga” yang ada di dalam diri sang buah hati. Hal ini akan sangat bermanfaat supaya emosi mereka bisa diarahkan kepada hal-hal yang positif. Hal ini akan sangat mengurangi pengaruh-pengaruh negatif dari luar yang bisa menyebabkan mereka gampang marah,bosan,sedih dan sifat-sifat negatif lainnya.

4. Jadilah Orang Tua yang Bijak

Orang Tua yang bijak mempunyai kepekaan terhadap buah hatinya, selalu berusaha melakukan yang terbaik dan memberikan pilihan terbaik kepada sang buah hati. Yang terbaik bagi anak kadang bukanlah yang terbaik bagi orang tua. Disinilah kadang kita temukan kesalahfahaman antara orang tua dan anak. Agar keinginan orang tua dan anak bisa selaras, diperlukan komunikasi yang baik dan intens. Sediakan waktu yang berkwalitas dengan buah hati anda sesering mungkin. Dari kedekatan inilah anda akan semakin memahami buah hati anda. Sehingga pemikiran kita dan anak kita bisa menyatu dan meminimalisir kesalahpahaman yang biasa terjadi karna adanya “batas” antara orang tua dan anak. Dan dari kedekatan inilah Anda bisa memantau dan menasehati anak dengan baik.

Baca Juga :  ANAK : Cara Mengatasi Masalah Anak dengan Bioenergi

5. Tidak Mempermalukan Anak Di Depan Umum

Saat menasehati anak, akan lebih bijak jika menasehatinya ditempat yang rahasia dan dengan suara lembut. Jangan memberikan larangan melainkan himbauan. Jangan berkata “Kamu tidak boleh menggambar di tembok, tetapi katakanlah “kalau kamu suka menggambar besok mama belikan buku gambar yang besar”. Mengharapkan anak berubah dengan mempermalukan mereka di tempat umum bukanlah cara menasehati yang baik. Karena pada saat itu juga kita sudah mengajarkan kepada anak kalau mempermalukan orang lain di tempat umum adalah hal yang wajar dan tidak dilarang.

6. Tidak Memaksakan Kehendak

Kita harus belajar mengatakan sesuatu kepada anak kita dengan nada bicara yang lembut dan santun. Kita harus belajar mengajak daripada menyuruh. Kenapa? Karena menyuruh berarti meminta seseorang melakukan sesuatu dan itu harus dilakukan sedangkan kita sendiri tidak mau melakukan hal yang sama. Sedangkan mengajak adalah meminta seseorang melakukan sesuatu sama dengan yang kita lakukan atau dengan prinsip kebersamaan.

7. Cari Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat adalah hal yang penting dan perlu kita perhatikan pada saat kita hendak menasehati buah hati kita. Pilihlah waktu yang tepat dimana kita bisa mentransfer “ilmu moral” kita kepada buah hati kita,tanpa dia merasa terpaksa. Contohnya adalah dengan mengajak anak anda jalan-jalan. Setelah dia merasa senang dan kenyang, saat itulah anda bisa mengajaknya bicara dari hati-kehati.

Anda bisa menyampaikan harapan-harapan anda padanya. Misalnya : mama suka kamu berdandan rapi, kamu terlihat cantik. Atau bisa dengan memberikan pujian, “….anak mama sekarang sudah besar dan tambah dewasa, sudah bisa membereskan mainannya sendiri”. Dengan kalimat-kalimat seperti itu, biasanya anak akan menjadi lebih tertarik untuk mendengarkan nasehat anda. Dan kedepannya akan membawa perubahan positif bagi anak seperti yang anda harapkan.

Baca Juga :  Agar Anak Cerdas Sejak Bayi, Konsumsi ini

Demikian beberapa hal cara mengatasi anak keras kepala dan susah di atur yang perlu anda lakukan. Jika Anda sudah mencoba beberapa atau semua cara diatas, namun anda belum menemui perubahan pada diri anak anda maka sudah seharusnya anda :

  1. Selalu berusaha membuat hati anak senang dan bahagia, namun tidak berlebihan.
  2. Bersikap Seimbang dalam mendidik anak. Tidak terlalu menuruti/memanjakan, juga tidak terlalu keras.
  3. Memberikan hadiah untuk sikapnya yang baik dan memberi hukuman jika ia melakukan pelanggaran
  4. Tidak bersikap plin-plan, dalam artian tidak membiatkan anak melakukan sesuatu tapi kemudian melarangnya melakukan hal tersebut di lain waktu.
  5. Memberikan Kapsul Kecerdasan yang akan membantu anda mendukung kinerja otak kanan & otak kiri anak anda lebih seimbang,meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak dalam belajar sehingga anak akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas, penurut dan sukses. Info lengkap kapsul kecerdasan: kasulkecerdasan.com

Bagaimana dengan Anda?

Sudahkah Anda memanfaatkan BIOENERGI sebagai Cara Mengatasi Anak Keras Kepala dan susah diatur? Menyeimbangkan hati dan pikiran, mental dan emosional anak agar mudah dinasehati, selalu sehat dan berprestasi? Apakah Anda saat ini sedang mengalami berbagai masalah anak seperti anak mudah emosi, melawan, nakal, susah diatur, malas, dan tidak perca diri? Segera hubungi dan konsultasikan masalah Anda kepada kami melalui :

  • Telepon ke 081 827 8880 (Bpk. Agus), 0853 2727 1999 (Ibu Eny) atau (0274) 412446 (Office).
  • Invite PIN BB 2321942A, WA 081 827 8880.
  • Follow Twitter @syaifulmaghsri.
  • ALAMAT : Gedung Biocentrum, Jalan veteran no. 153 Yogyakarta 55151.
Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *